Toyota Fortuner Mild Hybrid Meluncur, Lebih Irit Dari Fortuner Diesel?

Dymas Okta
23 Apr 2024 12:55
Toyota Fortuner Mild Hybrid Meluncur, Lebih Irit Dari Fortuner Diesel?

CVT Indonesia – Toyota Fortuner 2.8 Hybrid meluncur di Afrika Selatan. Mengadopsi sistem Mild Hybrid dengan baterai 48 Volt, Firtuner Hybrid menggunakan mesin yang sebelumnya digunakan Land Cruiser Prado. Lantas apakah ini membuat lebih irit dibandingkan Fortuner biasa?

Mesin yang digunakan berkode 1GD-FTV DOHC berkapasitas 2.800 cc 4 silinder turbo, ini merupakan mesin yang sama dengan Fortuner 2.8 saat ini.

Namun yang membuatnya berbeda adalah disematkannya baterai yang dipadukan dengan motor generator kecil yang menghasilkan tenaga tambahan 15,7 hp dan torsi 42 Nm.

Karena ini merupakan mild hybrid, tentunya memiliki cara kerja berbeda dengan milik Innova Zenix atau Yaris Cross. Kinerja mesin ini mirip dengan milik Mazda CX-60, Mercedes Benz GLE, BMW X5, dan juga Suzuki Grand Vitara.

Sistem mild hybrid Fortuner ini menempatkan baterai lithium-ion 48V dibawah jok belakang. Baterai ini mendapatkan suplai dari dua cara. Pertama dari generator kecil yang mendapatkan daya saat mesin bekerja. Kedua, memanfaatkan energi kinetik dari proses pengereman atau disebut regenerative braking.

BACA JUGA: Honda Berhasil Jual 10 Ribu Unit Mobil Pada Maret 2024

Ketika baterai dalam kondisi penuh, tenaga tersebut akan membantu mesin saat melakukan akselarasi. Jadi tidak bisa menggunakan mode full ev.

Toyota mengklaim, sistem mild hybrid pada Fortuner ini dapat meningkatkan efisiensi sekitar 5% dibandingkan Fortuner biasa. Sebagai catatan konsumsi Fortuner Diesel dieperkirakan sekitar 14 km/liter.

Tidak hanya penambahan sistem hybrid, Toyota juga menambahkan fitur radar ADAS Toyota Safety Sense.

Tentunya kita semua berharap Fortuner Hybrid ini dapat masuk ke pasar Asia Tenggara, utamanya ke Indonesia.

BACA SELANJUTNYA: CVTrip Lebaran 2024: Sikat Macet Puncak Dengan Toyota Raize

Cari Mobil Berdasarkan Merk

Audi
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
Jaguar
Jeep
KIA
Land Rover
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon