Toyota Perkenalkan Agya GR Sport, Goyah Dominasi Brio RS?

Dymas Okta
17 Feb 2023 18:41
Toyota Perkenalkan Agya GR Sport, Goyah Dominasi Brio RS?

CVT Indonesia – LCGC andalan PT Toyota Astra Motor (TAM), Toyota Agya akhirnya melakukan debutnya pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Tidak hanya varian LCGC, Toyota juga memperkenalkan varian terbaru dari Agya yaitu Agya GR Sport yang nantinya akan berhadapan langsung dengan Honda Brio RS.

All-New Agya mendapatkan improvement menyeluruh untuk meningkatkan efisiensi mesin dan menghemat bensin, dan juga menawarkan dan performa yang lebih baik. Agya dilengkapi dengan mesin baru berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm. Penerus tenaga mesin ke roda depan menggunakan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien.

Mempertegas konsep “Exciting City Car”, platform monocoque dikembangkan bersama suspensi yang diklaim mampu meredam getaran lebih baik. Handling Agya juga diklaim jadi lebih lincah, stabil. Sementara ubahan pada torsion beam yang lebih kaku membuat mobil lebih mudah dikendalikan. Electronic Power Steering (EPS) turut ditingkatkan kinerjanya sehingga lebih responsive dengan radius putar lebih kecil sebagai salah satu syarat utama city car modern.

Untuk meningkatkan hubungan emosional dengan pengemudi, All-New Agya menawarkan styling eksterior yang “powerful and aggressive”, memperkuat sporty image. Toyota juga menampilkan desain styling yang unik, dengan perubahan pada tampak depan, yang membuatnya terlihat lebih sporty. Di saat yang sama, siluet bodi dari samping menunjukkan.

Namun sayang sekali, pada IIMS 2023 kali ini kami belum diberikan kesempatan untuk melihat lebih lanjut ke bagian dalam. Memang kali ini hanya bersifat pengenalan saja.

Selain All new Agya, Toyota juga memperkenalkan Agya GR Sport yang siap menggoyahkan dominasi dari Honda Brio RS. Agya GR Sport memiliki tampilan yang lebih sporty dibandingkan Agya versi LCGC. Tidak hanya pada tampilan, namun juga dilakukan Penyetelan khusus telah diterapkan untuk meningkatkan performa dan handling, membuat pengalaman berkendara semakin menyenangkan.

Untuk memberikan tampilan yang lebih sporty, model ini dibekali dengan aero kit dipasang pada eksterior dengan tujuan bahkan membantu meningkatkan aerodinamika sporty hatchback yang sudah lebih baik dari generasi sebelumnya Penambahan downforce kendaraan membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali. Grip ban semakin baik berkat aliran udara yang dialihkan sehingga tidak menekan ban belakang.

Pihak TAM masih belum mau membuka harga dari Toyota Agya dan Agya GR Sport ini. Namun menurut sumber terpercaya yang dihubungi oleh tim CVT Indonesia, All New Toyota Agya akan diumumkan harganya pada ajang Jakarta Auto Week (JAW) 2023.

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon