Toyota Prius HEV, Konsumsi BBMnya Bikin Geleng Kepala

Dymas Okta
28 Aug 2024 11:07
Toyota Prius HEV, Konsumsi BBMnya Bikin Geleng Kepala

CVT Indonesia – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya pada GIIAS 2024 silam membawa si mbahnhya mobil hybrid yakni Toyota Prius untuk pasar Indonesia. 

Selang beberapa bulan kemudian, kami mendapatkan kesempatan untuk menjajal langsung Toyota Prius pada acara Journalist Test Drive (JTD) yang menghadirkan 12 unit mobil hybrid (HEV) serta 1 unit plug-in hybrid (PHEV).

Sebagai informasi, Toyota Prius menggendong mesin 4 silinder 1.800 cc berkode 2ZR-FXE yang memiliki tenaga 97 hp serta torsi 142 Nm.

Ditambah dengan motor listriknya yang menghasilkan tenaga 94 hp serta torsi 185 NM.

Toyota Prius dipasarkan dalam satu varian yakni varian Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang dibanderol Rp698 juta OTR Jakarta.

BACA JUGA: Mau Test Drive Mobil BYD? Catat Tanggal Pamerannya!

Kembali lagi ke perjalanan kami, dengan rute Jakarta – Cirebon yang memakan jarak tempuh kurang lebih 200 km. kemudian situasinya adalah Prius ini diisi oleh empat orang dewasa serta menggunakan mode berkendara Eco.

Kami berkendara selama kurang lebih 3 jam 40 menit dengan kecepatan rata-rata di 60 km/h. Dengan kondisi seperti ini, kami mendapatkan konsumsi BBM Toyota Prius Hybrid di angka 29,7 km/liter.

Mungkin angka ini tidak terlalu spesial jika dibandingkan dengan konsumsi BBM dari Toyota Yaris Cross HEV yang beberapa hari lalu kami posting di akun instagram cvt.indonesia.

Salah satu tim kami mendapatkan angka konsumsi BBM Yaris Cross HEV 36,5 km/liter. Namun perlu diingat, situasinya saat itu mobil hanya diisi 2 orang dan kecepatan rata-rata 80 km/jam.

Pada acara JTD kali ini kami juga berkesempatan untuk menjajal line-up Toyota Hybrid lainnya yakni Toyota Yaris Cross HEV, Kijang Innova Zenix Q HEV, Vellfire HEV, serta yang paling spesial adalah Rav4 PHEV.

BACA SELANJUTNYA: Bukan Kaleng Kaleng, Chery Omoda 5 Sabet 5 Bintang di ASEAN NCAP

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon