Toyota Telah Mengirimkan 2,5 Juta Unit Mobil ke 100 Negara

Rais Muda Habibie Ritonga
19 Oct 2023 10:07
Toyota Telah Mengirimkan 2,5 Juta Unit Mobil ke 100 Negara

CVT Indonesia – Sejak tahun 1987, sebanyak 2.520.754 unit mobil yang diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah diekspor ke hampir seratus negara di berbagai belahan dunia.


Bob Azam, Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, menyatakan bahwa perjalanan ekspor Toyota Indonesia telah berlangsung sejak beberapa dekade yang lalu, dimulai dengan model Kijang.


Aktivitas ekspor perdana Toyota Indonesia dimulai dengan pengiriman produk Kijang generasi ketiga melalui metode tradisional menggunakan tali pengait dan pelayaran ke Brunei Darusalam, serta beberapa negara di kawasan Asia Pasifik.

“Kemudian selang beberapa tahun kemudian, kinerja ekspor kendaraan T-brand terus berkembang dengan menambah beberapa lini model hingga di tahun 2017, pencapaian ekspor kendaraan Toyota Indonesia sudah mencapai 200 ribu unit yang merupakan volume tertinggi sejak 5 tahun terakhir,” kata Bob dalam keterangannya, Rabu (18/10).


Selain melakukan ekspor mobil secara utuh (Completely Built-Up/CBU), Toyota Indonesia juga mengirimkan kendaraan dalam bentuk terurai (Completely Knocked Down/CKD), ekspor mesin, komponen, dan peralatan pendukung produksi (dies & jigs).


Pada tahun 2019, Toyota Indonesia juga mulai mengekspor kendaraan konversi seperti cash carrier, well-cab, dan patrol car ke berbagai negara.

Tahun lalu, Toyota Indonesia menjadi negara pertama yang membuka keran ekspor ke Australia, dan juga menjadi tahun yang menandai keberhasilan dan perjuangan SDM Indonesia berdaya saing yang berhasil memproduksi Kijang Innova Generasi 7 Zenix dengan varian ICE dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan menggunakan baterai yang dirakit secara lokal.


Pada tahun sebelumnya, Toyota Indonesia meraih prestasi sebagai negara pertama yang membuka pintu ekspor ke Australia.

Tahun tersebut menjadi pencapaian luar biasa dan tekad keras sumber daya manusia Indonesia yang berdaya saing, yang berhasil memproduksi Kijang Innova Generasi 7 Zenix dengan varian Internal Combustion Engine (ICE) dan Hybrid Electric Vehicle (HEV), serta menggunakan baterai yang dirakit secara lokal.


Kijang Innova Zenix secara klaim berhasil meraih tanggapan positif dari konsumen di seluruh dunia dan berhasil diekspor ke Kawasan Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin

“Melihat antusiasme tinggi dari konsumen domestik dan internasional akan keberadaan kendaraan berteknologi elektrifikasi, di tahun 2023 Toyota Indonesia kembali meluncurkan Yaris Cross sebagai kendaraan HEV kedua yang diproduksi oleh anak bangsa dari pabrik TMMIN di Karawang,” ucap dia.

Menurut data yang dirilis oleh Gaikindo selama periode Januari-September 2023, Toyota Indonesia berhasil mencapai ekspor sebanyak 213.901 unit. Angka pencapaian ini mencatat peningkatan sebesar 2,5 persen dibandingkan dengan kinerja ekspor pada periode yang sama pada tahun 2022 (208.775 unit).

Sementara itu, Gaikindo mencatatkan kinerja ekspor Completely Built-Up (CBU) sebanyak 379.498 unit selama periode Januari-September 2023. Toyota Indonesia berkontribusi sebanyak 56 persen terhadap pencapaian kinerja total ekspor, yang mencakup HEV Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon