Toyota Terus Dominasi Pasar Mobil Indonesia, Kuasai 33% Market Share di 2023

Dymas Okta
14 Dec 2023 19:46
Toyota Terus Dominasi Pasar Mobil Indonesia, Kuasai 33% Market Share di 2023

CVT Indonesia – 33,1% pangsa pasar mobil di Indonesia dikuasai oleh Toyota dengan jumlah penjualan 304.736 unit sepanjang Januari – November 2023. Catatan ini menjadi penanda bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) memiliki market share diatas 30% selama 5 tahun terakhir.

Selain itu, Toyota juga merilis penjualan mobil hybridnya yang meningkat hingga 33.603 unit dengan market share 54,3%. Naik lebih dari 6 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Meskipun Toyota hanya memiliki bZ4x sebagai kendaraan full listrik, namun mobil hybrid Toyota cukup dominan dengan Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, Alphard HEV, dan Camry HEV.

“Dengan Multi Pathway Strategy, kami akan menghadirkan produk-produk ramah lingkungan yang lebih lengkap dan sesuai kebutuhan masyarakat, serta membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota.” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.

Sepanjang tahun 2023 Toyota telah menghadirkan 13 model baru, baik model komersial, Gazoo Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi yang seluruhnya mendapatkan sambutan hangat dari pelanggan.

Tiga kontributor terbesar penjualan Toyota periode Januari – November 2023 adalah Kijang Innova sebesar 57.618 unit, Avanza 56.432 unit, dan Calya 41.683 unit. 

BACA JUGA: Banyak Kenaikan Harga, Ini Rincian Tarif Tol Trans Jawa Terbaru Untuk Natal dan Tahun baru

Khusus kendaraan elektrifikasi, Kijang Innova Zenix HEV kembali memimpin dengan angka sales 24.250 unit, diikuti Yaris Cross HEV 5.284 unit dan Corolla Cross HEV 1.161 unit.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM mengatakan bahwa Toyota menjalankan Environmental Challange 2050 dan Net Zero Emission 2060 demi mendukung pemerintah Indonesia dengan menghadirkan berbagai jenis teknologi elektrifikasi.

“Dengan semangat Mobility for All, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi opsi xEV dengan target 30% adalah kendaraan elektrifikasi di tahun 2030,” jelas Anton.

Anton menambahkan dengan jalannya kampanyr “It’s Time For Everyone” PT TAM berkomitmen melengkapi pilihan kendaraan ramah lingkungan serta elektrifikasi sebagai upaya menjangkau lebih banyak masyarakat berkontribusi mereduksi emisi karbon.

“Dengan visi Total Mobility Solution, Toyota akan melengkapi Toyota Ecosystem supaya pelanggan dapat mengakses fasilitas dan layanan kendaraan elektrifikasi dengan mudah dan tanpa khawatir.” pungkas Anton.

BACA SELANJUTNYA: Ini Bocoran Mobil Baru Toyota 2024! GR Corolla Fix Masuk Indonesia?

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon