CVT Indonesia – 33,1% pangsa pasar mobil di Indonesia dikuasai oleh Toyota dengan jumlah penjualan 304.736 unit sepanjang Januari – November 2023. Catatan ini menjadi penanda bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) memiliki market share diatas 30% selama 5 tahun terakhir.
Selain itu, Toyota juga merilis penjualan mobil hybridnya yang meningkat hingga 33.603 unit dengan market share 54,3%. Naik lebih dari 6 kali lipat dibandingkan tahun lalu.
Meskipun Toyota hanya memiliki bZ4x sebagai kendaraan full listrik, namun mobil hybrid Toyota cukup dominan dengan Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, Alphard HEV, dan Camry HEV.
“Dengan Multi Pathway Strategy, kami akan menghadirkan produk-produk ramah lingkungan yang lebih lengkap dan sesuai kebutuhan masyarakat, serta membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota.” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.
Sepanjang tahun 2023 Toyota telah menghadirkan 13 model baru, baik model komersial, Gazoo Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi yang seluruhnya mendapatkan sambutan hangat dari pelanggan.
Tiga kontributor terbesar penjualan Toyota periode Januari – November 2023 adalah Kijang Innova sebesar 57.618 unit, Avanza 56.432 unit, dan Calya 41.683 unit.
BACA JUGA: Banyak Kenaikan Harga, Ini Rincian Tarif Tol Trans Jawa Terbaru Untuk Natal dan Tahun baru
Khusus kendaraan elektrifikasi, Kijang Innova Zenix HEV kembali memimpin dengan angka sales 24.250 unit, diikuti Yaris Cross HEV 5.284 unit dan Corolla Cross HEV 1.161 unit.
Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM mengatakan bahwa Toyota menjalankan Environmental Challange 2050 dan Net Zero Emission 2060 demi mendukung pemerintah Indonesia dengan menghadirkan berbagai jenis teknologi elektrifikasi.
“Dengan semangat Mobility for All, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi opsi xEV dengan target 30% adalah kendaraan elektrifikasi di tahun 2030,” jelas Anton.
Anton menambahkan dengan jalannya kampanyr “It’s Time For Everyone” PT TAM berkomitmen melengkapi pilihan kendaraan ramah lingkungan serta elektrifikasi sebagai upaya menjangkau lebih banyak masyarakat berkontribusi mereduksi emisi karbon.
“Dengan visi Total Mobility Solution, Toyota akan melengkapi Toyota Ecosystem supaya pelanggan dapat mengakses fasilitas dan layanan kendaraan elektrifikasi dengan mudah dan tanpa khawatir.” pungkas Anton.
BACA SELANJUTNYA: Ini Bocoran Mobil Baru Toyota 2024! GR Corolla Fix Masuk Indonesia?