Tumbuh Pesat, BMW Indonesia Klaim Cetak Rekor Penjualan Sepanjang Masa

Dymas Okta
18 Jan 2024 07:17
Tumbuh Pesat, BMW Indonesia Klaim Cetak Rekor Penjualan Sepanjang Masa

CVT Indonesia – BMW Group Indonesia mengklaim mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dalam penjualan sepanjang 2023. Dengan catatan penjualan sebanyak 5.063 unit, angka ini berarti meningkat 35,3% dibandingkan tahun 2022 dimana BMW Group berhasil menjual sebanyak 3.742 unit.

Lebih lanjut, Rekor penjualan tersebut terdiri dari 4.172 unit mobil BMW dan 891 unit mobil MINI. Secara terpisah, penjualan BMW tumbuh sebesar 38% dan MINI tumbuh sebesar 24%.

Tumbuhnya penjualan BMW juga tidak terlepas dari line-up mobil listrik BMW. Pasalnya BMW berhasil menjual 745 unit mobil listrik sepanjang 2023. Sementara MINI Electric juga berhasil terjual sebanyak 172 unit di 2023.

Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia mengatakan keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja sama yang erat dengan mitra strategis, didorong oleh kinerja kuat karyawan dan para diler, BMW Group mampu mencapai penjualan tertinggi sepanjang masa pada tahun 2023.

“Untuk pertama kalinya produsen kendaraan premium di Indonesia dapat melampaui penjualan 5000 unit. Keberhasilan ini tunjukkan bahwa brand BMW dan MINI, baik kendaraan maupun ragam layanan premium BMW Group berhasil penuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.” papar Ramesh.

Model kendaraan di segmen Luxury, seperti BMW Seri 7 dan BMW X7, mendapatkan permintaan yang cukup tinggi pada tahun 2023. Hal ini dibuktikan dengan penjualan BMW Seri 7 yang kini hadir dengan varian mesin konvensional dan listrik, meningkat hampir 3 kali lipat menjadi total 219 unit dibandingkan penjualan pada tahun sebelumnya.

BACA SELANJUTNYA: Penjualan Meningkat, Honda Digendong Oleh Model SUV

Disusul dengan BMW Seri 3 – sedan paling legendaris dengan total penjualan 581 unit dan BMW X5 Sport Activity Vehicle premium favorit di Indonesia dengan total penjualan yang sama, 581 unit. 

Kemudian hadir BMW X3, Sport Activity Vehicle premium yang cocok untuk berbagai medan dengan 467 unit. Sedan bisnis paling sukses, BMW Seri 5 hasilkan penjualan sebesar 382 unit, meningkat 29,5% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Sementara untuk model mobil listrik, BMW iX mendominasi penjualan dengan 587 unit. Perlu menjadi catatan bahwa mobil listrik BMW berkontribusi sebesar 17,9%.

Sementara untuk MINI, MINI 3-Door, termasuk di dalamnya MINI Electric menjadi model paling favorit dengan 327 unit, diikuti oleh MINI Countryman rakitan lokal dengan 307 unit. 

Secara global, BMW berhasil menjual sebanyak 2,2 juta kendaraan sepanjang 2023. brand BMW membukukan pertumbuhan sebesar +7,3% dari tahun sebelumnya, dengan penjualan mencapai rekor tertinggi baru sepanjang masa. 

“BMW akan terus secara konsisten tingkatkan penjualan kendaraan listrik, dan mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.” pungkas Ramesh.

BACA SELANJUTNYA: Vinfast Mobil Listrik Vietnam, Bangun Pabrik Di Bekasi Dengan Nilai Investasi 18,6 Triliun

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon