Uji Langsung Mazda CX-60: Manifestasi Jinba-Ittai Yang Sempurna

Dymas Okta
27 Oct 2023 23:08
Uji Langsung Mazda CX-60: Manifestasi Jinba-Ittai Yang Sempurna

CVT Indonesia – Kami mendapatkan kesempatan untuk melakukan uji langsung ketangguhan Mazda CX-60, Lantas bagaimana penilaian kami? 

Sejujurnya, sebuah artikel tidak akan cukup untuk menuliskan bagaimana pengalaman kami selama dalam perjalanan “The Perfect Jinba-Ittai Journey: All New Mazda CX-60 Goes to Central Java.”

Sejak perdana diperkenalkan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai Agen Pemegang Merk Mazda di Indonesia, Mazda CX-60 selalu digembar-gemborkan sebagai manifestasi Jinba-Ittai yang sempurna. 

Jinba-Ittai adalah filosofi yang sudah berkembang selama tiga generasi. Arti dari Jinba-Ittai adalah hubungan yang menjadi kesatuan antara kuda dengan penunggangnya. Mazda menerapkan filosofi ini ke produk-produknya yang menciptakan mobil Mazda yang menyatu dengan pengemudinya

Perjalanan dimulai pada 19 Oktober 2023 menuju jalur Ambarawa-Magelang hingga terakhir rombongan media drive ini menjajal CX-60 menuju Selo di kaki gunung Merbabu.

Dalam rangkaian perjalanan ini, ketangguhan, kenyamanan, dan keandalan dari Mazda CX-60 benar-benar diuji. Jalur yang dilalui mulai dari perkotaan, tol, jalan lintas provinsi, hingga jalan menanjak dan berliku.

Sesaat sebelum keberangkatan, Managing Director PT EMI memberikan pesan ke rekan-rekan media termasuk kami bahwa filosofi the Perfect Jinba Ittai bukan hanya urusan Engine Performance, lebih dari itu adalah Dynamic Performance.

“Kita mau membuktikan bahwa Mazda CX-60 adalah The Perfect Jinba-Ittai. Sebelumnya filosofi ini all about chasis, tapi sekarang lebih dari itu, ada all-wheel drive (AWD), turbonya dan torsi.” ujar Ricky Thio.

Jurnalis cvtindonesia.co.id berkesempatan untuk uji berkendara kedua varian dari Mazda CX-60 yaitu tipe Elite dan Kuro. Tidak ada perbedaan pada spesifikasi di tiap tipe. Perbedaan hanya terdapat pada kosmetik di eksterior, interior, serta velg.

Interior Mazda CX-60 Kuro
Didominasi Warna Coklat Kekuningan
Interior Mazda CX-60 Elite
Bernuansa Cerah Didominasi Warna Putih

BACA JUGA: Mazda Akan Hadirkan MX-5 Concept di Japan Mobility Show

Jika berbicara soal presentase, Marketing and Communication General Manager PT EMI, Pramita Sari mengatakan bahwa konsumen lebih banyak yang memilih tipe Kuro.

“Presentasenya 70 banding 30, 70 persen untuk tipe Kuro dan 30 persen tipe Elite dari segi penjualan.” ujar wanita yang akrab disapa Mita itu.

Ketika kami mendapatkan kesempatan berkendara, tanpa basa-basi kami langsung menguji akselarasinya. Ukuran mobil ini yang besar ternyata bukan masalah bagi Mazda CX-60.

Dengan mesin hybrid 6 silinder segaris e-Skyactive G 3,3 liter yang dipadukan dengan transmisi otomatis 8 percepatan, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 284 ps dengan torsi 450 Nm yang disalurkan kesemua roda dengan teknologi AWD.

Dengan perpaduan tersebut, mobil ini dapat melesat dari 0 – 100 km/h hanya dalam 7,2 detik. Merupakan angka yang impresif untuk mobil seukuran CX-60.

Sampai ditujuan pertama yaitu Benteng Fort Williem 1, Rombongan Mazda CX-60 melakukan sesi pemotretan sebelum melanjutkan perjalanan ke La Teble By Le Temple Borobudur.

Saat perjalanan menuju ke La Teble, memasuki Kabupaten Magelang, lalu lintas mulai padat. Bukan jadi masalah karena pada sistem Mi-Drive di Mazda CX-60 terdapat fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Blind Spot Monitoring (BSM) sehingga dapat memberikan rasa aman pada pengendara.

Dengan hampir semua jenis jalan kami lalui selama perjalanan, kami dengan percaya diri mengatakan bahwa karakter suspensi Mazda CX-60 on point. 

Mobil ini memiliki suspensi yang unik dimana terasa stiff atau kaku saat melalui jalan yang rusak dan tidak rata, namun ketika rasa nyaman lebih dibutuhkan untuk penumpang seperti misalnya di jalan tol, suspensi Mazda CX-60 terasa lebih empuk dan nyaman.

SUV termewah Mazda ini sejatinya dipersiapkan untuk bisa melahap berbagai jenis jalan. Selain sistem AWD, hal ini di akomodir melalui mode berkendara Normal, Sport, dan Offroad.

Semakin lama kami mengendarai CX-60, kami merasakan bahwa filosofi Jinba-Ittai benar-benar bukan isapan jempol belaka. Memasuki jalur pedesaan saat menuju Selo di kaki gunung Merbabu dengan kontur jalan menanjak dan berliku, mobil ini terasa Imersif dikemudikan dan benar-benar effortless dalam melahap jalan tanjakan berliku.

Lantas saat melakukan perjalanan kembali ke Jakarta, melalui rute tol, Mazda CX-60 memberikan kemudahan pada pengemudi dengan fitur keselamatan aktif i-Activesense.

Mazda CX-60 tersedia dalam dua varian yakni Kuro Edition dan Elite Edition. Keduanya dibanderol dengan harga sama yaitu Rp1,188 miliar OTR Jakarta.

BACA SELANJUTNYA: Mengenal Lebih Jauh Mazda CX-60, Mobil Mewah Yang Tercipta Dari Beragam Filosofi

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon