Vinfast Mobil Listrik Vietnam, Bangun Pabrik Di Bekasi Dengan Nilai Investasi 18,6 Triliun

Dymas Okta
16 Jan 2024 14:20
Vinfast Mobil Listrik Vietnam, Bangun Pabrik Di Bekasi Dengan Nilai Investasi 18,6 Triliun

CVT Indonesia – Rencana brand mobil listrik Vietnam, Vinfast untuk berinvestasi dengan membuka fasilitas pabrik di Indonesia disambut baik oleh Kementerian Perindustrian.

Kemenperin akan memfasilitasi Vinfast untuk berinvestasi dengan total penanaman modal sebesar 1,2 miliar dolar AS untuk pembukaan pabrik mobil listrik di Bekasi, Jawa Barat.

“Kami sangat mengapresiasi rencana investasi VinFast, karena akan turut mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, mengingat potensi yang besar di Indonesia.” papar Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita melalui keterangan resmi.

Dalam kunjungan kerjanya di Vietnam, selain mendampingi agenda Presiden RI Joko Widodo, Menperin Agus mengawali pertemuan dengan perwakilan dari VinFast, yang dihadiri oleh Manufacturing Division Deputy CEO, CEO VinFast Indonesia & Malaysia, serta Senior Assistant to the Chairman International Relations Director.

Rencana investasi Vinfast ini sudah dikonfirmasi oleh Surachman Nugroho, Sales and Network Director Vinfast Indonesia yang mengatakan bahwa fasilitas Vinfast akan dibuka di bekasi.

BACA JUGA: BinguoEV Penuhi Syarat TKDN 40%, Segera Turun Harga?

“Ya di Bekasi, cuma secara detail belum tahu, karena dari manajemen yang mengurus itu. Tapi benar di Bekasi dan memang itu sudah kami sampaikan ke pemerintah,” jelas Surachman dikutip dari Kumparan.

Pabrik yang dimaksud ditargetkan mulai beroperasi pada 2026 dengan kapasitas produksi mencapai 50 ribu unit per tahun dengan penyerapan tenaga kerja sekitar 1.000b- 3.000 orang.

Menurut Menperin, VinFast akan berkolaborasi dengan perusahaan dalam negeri guna proses produksi. Perusahaan juga bakal bermitra dengan perusahaan transportasi dan penyedia jasa teknologi  ekspansi untuk kendaraan taksi listrik.

Terkait rencana investasi VinFast ini, pemerintah Indonesia akan memberikan sejumlah insentif yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan, termasuk bagi industri kendaraan listrik, antara lain fasilitas tax holiday, tax allowance, insentif bea masuk, serta insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

BACA SELANJUTNYA: Honda Boyong Mobil Spesial Ini Ke Ajang Tokyo Auto Salon 2024

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon