VinFast Optimis Masa Depan Kendaraan Listrik Cerah

Dymas Okta
21 Aug 2024 20:28
VinFast Optimis Masa Depan Kendaraan Listrik Cerah

CVT Indonesia – VinFast sebagai perusahaan otomotif yang berkembang pesat pada segmen kendaraan listrik (EV) tak terbebani pada teknologi lampau. Sebagai perusahaan Pure-Play, alias perusahaan yang berfokus pada pengembangan, produksi, dan/atau penjualan kendaraan listrik (EV), VinFast fokus hanya kepada kendaraan listrik murni dan menghindari penerapan setengah-setengah seperti perusahaan mobil hybrid.

Tak bisa ditampik, para penguasa industri mobil mulai & gerah dengan penetrasi kendaraan listrik. Transisi kendaraan listrik (EV) menyerap biaya dan sumber daya yang besar, sementara keuntungan para raksasa ini masih bertumpu pada kendaraan berbahan bakar bensin.

Laporan terbaru dari Bank of America, Car Wars, mengungkap pergeseran strategi produsen mobil konvensional yang kini lebih berhati-hati dalam menyusun proyeksi ambisius penerapan EV.

Masa depan tampak cerah bagi para perusahaan EV pure-play, pendatang baru yang tak terbebani masa lalu. Menawarkan spesialisasi di kendaraan listrik tanpa bayang-bayang teknologi konvensional.

Hal ini berlaku, khususnya bagi VinFast yang memanfaatkan keahlian dan sumber daya dari perusahaan induknya, Vingroup—konglomerat swasta terbesar di Vietnam dengan portofolio multi-industri—untuk dengan cepat membuat gebrakan di pasar kendaraan listrik.

Berkat dukungan Vingroup, VinFast berhasil membangun pabrik mobil modern di atas lahan rawa di Vietnam hanya dalam waktu 21 bulan—sebuah prestasi bila dibandingkan sebagian besar produsen mobil di dunia yang membutuhkan 36 hingga 60 bulan.

Dengan berani, VinFast beralih sepenuhnya menjadi produsen kendaraan listrik pada 2021 dan mengirimkan mobil listrik pertama kepada konsumen pada bulan Desember di tahun yang sama.

BACA JUGA: Intip Spesifikasi VinFast VF 6 Yang Bikin Ngiler, Cocok Masuk Indonesia?

Kelincahan dan ambisi VinFast telah membuat mereka diakui dunia, termasuk menjadi satu dari 100 perusahaan paling berpengaruh di dunia versi TIME tahun 2024.

VinFast, yang didukung kekuatan finansial Vingroup dan pendiri dan taipan, Pham Nhat Vuong dan komitmen tak tergoyahkan ini menjadi perwujudan pendekatan EV-sentris.

Di tengah kondisi pasar yang menantang, Vuong yang juga dikenal sebagai orang terkaya di Vietnam, menunjukkan komitmen kuat terhadap pertumbuhan VinFast.

Ia baru-baru ini menjanjikan suntikan sebesar USD1 miliar, menambah kucuran dana sebelumnya dari Vingroup, para mitra dan pemberi pinjaman eksternal yang mencapai lebih dari USD 12,9 miliar sejak 2017 hingga Maret tahun ini. 

Dana tersebut diketahui digunakan untuk mendanai biaya operasional dan belanja modal VinFast.

“VinFast akan mencapai break-even point dan mampu berdiri di atas kaki sendiri,” kata Vuong dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

Perusahaan EV pure-play memiliki nilai keberlanjutan yang tertanam dalam DNA mereka, selaras dengan konsumen yang peduli lingkungan dan mencari brand yang sejalan dengan nilai-nilai mereka.

VinFast adalah contoh nyata dari komitmen kuat ini. Didukung oleh Vingroup dan kepemimpinan visioner Pham Nhat Vuong, VinFast tak setengah-setengah dalam mewujudkan komitmen jangka panjangnya menuju masa depan yang lebih hijau.

Di Indonesia, VinFast berkomitmen untuk mengucurkan Investasi senilai USD1,2 miliar atau setara Rp18,7 triliun untuk pembangunan pabrik dengan kapasitas produksi sebanyak 50.000 kendaraan listrik per tahun.

BACA SELANJUTNYA: VinFast VF e34 dan VF 5, Untuk Siapa Mobil Listrik Ini Diciptakan?

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon