VinFast VF 9, Mobil Mewah Yang Membuktikan VinFast Bukan Kaleng-Kaleng

Dymas Okta
15 Aug 2024 16:30
VinFast VF 9, Mobil Mewah Yang Membuktikan VinFast Bukan Kaleng-Kaleng

CVT Indonesia – VinFast boleh saja baru menjual VF e34 dan VF 5 di Indonesia. Sebagai produsen mobil listrik, tentunya VinFast tidak ingin main-main dalam memprouksi mobil-mobilnya.

Ternyata VinFast tidak hanya memproduksi mobil yang ramah di kantong, namun juga memiliki portofolio yang sangat mumpuni. VinFast memiliki sebuah SUV mewah yakni VinFast VF 9.

VinFast VF 9 merupakan SUV termewah dan terbesar VinFast saat ini. VF 9 bukan didesain oleh sembarang orang, melainkan didesain oleh Pininfarina, perusahaan bodi terkenal asal Italia.

Berdasarkan klaim dari Pininfarinam desain VF 9 mengadopsi gaya modern khas Eropa untuk mengoptimalkan aerodinamika dan mengurangi konsumsi energi karena lebih efisien.

VinFast VF 9 saat ini telah dipasarkan untuk Amerika Utara yang mencakup Amerika Serikat dan Kanada.

BACA JUGA: VinFast VF 3, Mobil Ini Dapat 27.000 Pesanan Hanya Dalam 66 Jam

Melihat lebih mendalam, VinFast VF 9 dipasarkan di Vietnam dan Amerika Serikat menggunakan baterai Lithium-ion (Li-ion) dengan kapasitas 123 kWh yang tentunya sudah menggunakan teknologi fast charging.

Baterai tersebut mendukung motor listrik berkekuatan 402 Hp dengan torsi 620 Nm. Perpaduan tersebut membuat mobil ini dapat menempuh jarak hingga 531 Km. Itu berarti mobil ini dapat menempuh jarak Jakarta – Jogjakarta tanpa pengecasan.

Masuk ke bagian interior, VinFast VF 9 dibalut dengan material mewah dengan desain yang stylish namun minimalis. Semua kontrol mobil dapat diakses dari layar berukuran 15,6 inci yang berada di dashboard.

Fitur infotainment VF 9 meliputi Bluetooth, Apple CarPlay, Android Auto, navigasi, dan Wi-Fi, serta streaming video dan bahkan video game. Suara diatur oleh sistem audio 13-speaker, dan ada banyak opsi untuk menghubungkan dan mengisi daya ponsel.

Sebagai SUV 7 seater, VF 9 memiliki kelegaan kabin yang mumpuni. Jok depan dan tengah tentunya sudah elektrik. Khusus jok depan memiliki heated and ventilated seats.

VinFast VF 9 memiliki dimensi panjang 5.118 mm, lebar 2.254 mm, tinggi 1.696 mm, dan wheelbase 3.150 mm. Tak heran jika row ketiga juga memiliki ruang kabin yang masih tergolong lega.

Apabila masuk ke pasar Indonesia, tentunya VF 9 akan bersaing dengan KIA EV 9 dan BMW iX. Namun kemungkinan juga secara harga akan bersaing dengan Hyundai Palisade. Patut ditunggu kiprahnya di Indonesia.

BACA SELANJUTNYA: Harga Spesial VinFast VF 5 Pada GIIAS 2024, Air ev Killer?

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon